DUPAK
A. Latar Belakang

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Setiap dosen mempunyai Jabatan Akademik Dosen, berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Jabatan Akademik Dosen merupakan Jabatan Karier.
Untuk dapat diangkat dalam Jabatan Akademik Dosen maupun untuk Kenaikan Jabatan dan Pangkat, dosen diwajibkan mengumpulkan Angka Kredit Kumulatif, yang jumlahnya sesuai dengan jabatan akademiknya. Angka kredit tersebut diperoleh dari hasil prestasi kerjanya dalam melaksanakan kegiatan pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hasil penilaian tersebut kemudian diisikan ke dalam formulir Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dan kemudian diusulkan oleh pimpinan perguruan tingggi Kepada Tim Penilai Pusat untuk ditetapkan Angka Kredit.
Untuk memperlancar pengelolaan jabatan akademik dosen, diperlukan petunjuk teknis yang mengatur tata cara penilaian, prosedur, dan penetapan angka kredit dosen, sehingga antara tim penilai dengan dosen mempunyai persepsi yang sama tentang Jabatan akademik dosen dan angka kreditnya


B. Tujuan

Sebagai acuan bagi Tim Penilai Angka Kredit Dosen di Poltekkes Kementerian Kesehatan RI maupun Tim Verifikasi di Badan PPSDM Kesehatan dalam melaksanakan penilaian dan penetapan angka kredit Dosen, pengangkatan pertama, peralihan dari jabatan lain ke dalam Jabatan Akademik Dosen, serta kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi, pembebasan sementara, pengangkatan kembali, dan pemberhentian dari Jabatan Akademik Dosen Poltekkes Kementerian Kesehatan RI.

Close
Close